Banyak teman-teman yang bingung bagaimana bentuk RPP Tematik, kurang lebih seperti ini:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
Nama Sekolah : ...............
Tema : Keluarga
Kelas/Semester : I/I
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
A. Standar Kompetensi
1. Bahasa Indonesia
|
:
|
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi secara lisan dengan pekenalan dan bertegur sapa,
pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh
|
2. PKn
|
:
|
Menerapkan hidup rukun dalam
perbedaan
|
3. Matematika
|
:
|
Melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan sampai 20
|
B. Kompetensi Dasar
1. Bahasa Indonesia
Memperkenalkan diri dengan
kalimat sederhana dan bahasa yang santun
2. PKn
Menjelaskan perbedaan jenis
kelamin, agama, dan suku bangsa
3. Matematika
Membilang banyak benda
C. Indicator
1. Bahasa Indonesia
|
:
|
· Menyebutkan data diri dengan
kalimat sederhana
· Menyebutkan nama orang tua
|
2. PKn
|
:
|
Mengidentifikasi
jenis kelamin
|
3. Matematika
|
:
|
Membilang
angka 1-20
|
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui demonstrasi, siswa
dapat menyebutkan data diri dengan lengkap menggunakan kalimat sederhana
2. Menyebutkan jenis kelamin
semua anggota keluarga
3.
Melalui
latihan membilang angka, siswa dapat membilang angka 1-20
E. Materi Ajar
Bahasa Indonesia
Menyebutkan data diri dengan
kalimat sederhana
Menyebutkan nama orang tua
PKn
Mengidentifikasi jenis kelamin
Matematika
Membilang angka 1-20
F. Metode dan Model Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran : ceramah bervariasi, Tanya jawab, tugas
2.
Model
Pembelajaran : Example dan Non
Example
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal (5 menit)
Apersepsi
Mengisi daftar kelas, berdo’a,
mempersiapkan materi ajar, model, dan alat peraga
Mengajak siswa menyanyikan
lagu “satu-satu aku saying ibu”
Bertanya jawab tentang syair
lagu dan dikaitkan dengan tema pelajaran yang akan dipelajari
Menginformasikan tujuan
pembelajaran kepada siswa
2. Kegiatan Inti (20 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru
membimbing siswa untuk :
Mengamati photo keluarga dan
dapat menyebutkan nama orang tua
Dengan bimbingan guru, siswa
bertanya jawab tentang identitas diri dan keluarga
Elaborasi
Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok untuk mengerjakan LKS
Memperkenalkan diri dengan
baik dan santun
Memperkenalkan keluarga
beserta jenis kelaminnya sambil membilang angka dengan memanfaatkan album photo
keluarga
Melalui pemberian tugas, siswa
dapat menghitung 1-20
Wakil kelompok menyampaikan
hasil diskusi di depan kelas
Konfirmasi
Siswa dengan bimbingan guru
memberikan semangat (bertepuk tangan) dan memberikan komentar terhadap
penampilan temannya di depan kelas
Guru memberikan penguatan
(pujian, acungan jempol) kepada siswa yang berani tampil di depan kelas
3. Kegiatan Penutup (5 menit)
Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Memberikan nasehat kepada
siswa tentang cara memanfaatkan kemampuan memperkenalkan diri dalam kehidupan
sehari-hari
H. Alat dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga
Photo keluarga
Kartu bilangan
2. Sumber Belajar
Aku suka Matematika, Drajat.
Saya Ingin Mahir Berbahasa
Indonesia Kelas I.
PKn kelas I, Stiati
Widiastuti, Fajar Rahayuningsih.
I. Penilaian
1. Prosedur
Tes Awal : saat Tanya jawab
apersepsi
Tes Dalam Proses : saat pembelajaran berlangsung
Tes Akhir : saat proses pembelajaran akhir
2. Jenis Tes
Tes tertulis : objektif
Tes lisan : unjuk kerja
3. Instrumen
Soal test :
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban tepat!
1. Nama saya …
2. Umur saya …
3. Nama ayah saya …
4. Saya anak laki-laki. Saya
senang bermain …
5. Jumlah keluarga saya ada …
Kunci jawaban:
1. Nama siswa masing-masing
2. Umur siswa masing-masing
3. Nama ayah masing-masing siswa
4. Bola, kelereng, layang-layang,
dll
5. Jumlah keluarga masing-masing
siswa
Criteria penilaian:
Skor setiap soal 2, skor
maksimal 10
Nilai akhir = skor yang
diperoleh x 2
Randudongkal, ......2011
Guru Kelas
BAHAN
AJAR
Mata Pelajaran : Tematik (Bahasa Indonesia, PKn, Matematika)
Kelas/Semester : I/I
Tema : Keluarga
Standar
Kompetensi
1. Bahasa Indonesia
|
:
|
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan pekenalan dan bertegur
sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh
|
2. PKn
|
:
|
Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan
|
3. Matematika
|
:
|
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
|
Kompetensi
Dasar
1. Bahasa Indonesia
|
:
|
Memperkenalkan
diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
|
2. PKn
|
:
|
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
|
3. Matematika
|
:
|
Membilang
banyak benda
|
MATERI
1. Bahasa Indonesia
Memperkenalkan diri dan
keluarga
Menyebutkan nama diri sendiri : nama saya … (Zifana)
Menyebutkan umur sendiri : umur saya … (7 tahun)
Menyebutkan nama ayah sendiri : nama ayah saya … (nugroho)
Menyebutkan nama ibu sendiri : nama ibu saya … (Sinta)
2. PKn
Jenis kelamin dibedakan
menjadi dua, yaitu laki-laki dan perempuan. Ciri-ciri anak laki-laki : berambut
pendek, memakai celana, suka bermain mobil-mobilan. Sedangkan ciri-ciri anak
perempuan : berambut panjang, memakai rok/gaun, suka bermain boneka.
3. Matematika
Membilang angka 1-20
Menghitung jumlah anggota
keluarga
MEDIA
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Tematik (Bahasa Indonesia, PKn, Matematika)
Kelas/Semester : I/I
Tema : Keluarga
PHOTO
KELUARGA
KARTU BILANGAN
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||||||
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
||||||
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
LEMBAR KERJA
SISWA
Mata Pelajaran : Tematik (Bahasa Indonesia, PKn, Matematika)
Kelas/Semester : I/I
Tema : Keluarga
1. Tulislah jumlah siswa
laki-laki dalam kelompokmu!
2. Tulislah jumlah siswa
perempuan dalam kelompokmu!
KISI-KISI
SOAL (TEMATIK)
Nama Sekolah : ................
Tema : Keluarga
Kelas/Semester : I/I
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
Standar
Kompetensi
1. Bahasa Indonesia
|
:
|
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan pekenalan dan bertegur
sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh
|
|||
2. PKn
|
:
|
Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan
|
|||
3. Matematika
|
:
|
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
|
|||
Kompetensi
Dasar
|
Indicator
Soal
|
Jenis Soal
|
Ranah
Kognitif
|
Nomor Soal
|
|
Bahasa Indonesia
Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana
|
· Data diri, peserta didik dapat menyebutkan namanya sendiri
· Data diri, peserta didik dapat menyebutkan umurnya sendiri
|
Isian
Isian
|
C1
C1
|
1
2
|
|
PKn
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa
|
· Keluarga, peserta didik dapat menyebutkan nama ayahnya
· Identitas diri, peserta didik dapat menyebutkan jenis kelamin
|
Isian
Isian
|
C1
C1
|
3
4
|
|
Matematika
Membilang
angka 1-20
|
· Keluarga, siswa dapat menghitung jumlah keluarga
|
Isian
|
C1
|
5
|
SOAL TES FORMATIF
Mata Pelajaran : Tematik (Bahasa Indonesia, PKn, Matematika)
Kelas/Semester : I/I
Tema : Keluarga
Isilah
titik-titik di bawah ini !
1.
Nama saya …
2.
Umur saya …
3.
Nama ayah saya
…
4.
Dedi anak
laki-laki. Ia senang bermain …
5.
Jumlah
keluarga saya ada …
LEMBAR
PENGAMATAN
NO
|
NAMA
SISWA
|
1
|
2
|
JML
|
KET.
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
Aspek yang
dinilai :
1.
Respon siswa terhadap
penjelasan guru
2.
Aktifitas kerja siswa
Nilai :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = sedang
1 = kurang
|
Semoga bermanfaat, teman-teman ....... :)