Rabu, 09 November 2011

Contoh RPP Tematik Kelas 1


Banyak teman-teman yang bingung bagaimana bentuk RPP Tematik, kurang lebih seperti ini:



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

Nama Sekolah    : ...............
Tema                : Keluarga
Kelas/Semester : I/I
Alokasi Waktu   : 1 x 30 menit


A.    Standar Kompetensi
1.     Bahasa Indonesia
:
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan pekenalan dan bertegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh
2.     PKn
:
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
3.     Matematika
:
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

B.     Kompetensi Dasar
1.     Bahasa Indonesia
Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
2.     PKn
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
3.     Matematika
Membilang banyak benda

C.    Indicator
1.     Bahasa Indonesia
:
·       Menyebutkan data diri dengan kalimat sederhana
·       Menyebutkan nama orang tua
2.     PKn
:
Mengidentifikasi jenis kelamin
3.     Matematika
:
Membilang angka 1-20

D.    Tujuan Pembelajaran
1.     Melalui demonstrasi, siswa dapat menyebutkan data diri dengan lengkap menggunakan kalimat sederhana
2.     Menyebutkan jenis kelamin semua anggota keluarga
3.     Melalui latihan membilang angka, siswa dapat membilang angka 1-20

E.     Materi Ajar
Bahasa Indonesia
*     Menyebutkan data diri dengan kalimat sederhana
*     Menyebutkan nama orang tua
PKn
*     Mengidentifikasi jenis kelamin
Matematika
*     Membilang angka 1-20

F.     Metode dan Model Pembelajaran
1.     Metode Pembelajaran     : ceramah bervariasi, Tanya jawab, tugas
2.     Model Pembelajaran       : Example dan Non Example

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.     Kegiatan Awal (5 menit)
Apersepsi
*     Mengisi daftar kelas, berdo’a, mempersiapkan materi ajar, model, dan alat peraga
*     Mengajak siswa menyanyikan lagu “satu-satu aku saying ibu”
*     Bertanya jawab tentang syair lagu dan dikaitkan dengan tema pelajaran yang akan dipelajari
*     Menginformasikan tujuan pembelajaran kepada siswa
2.     Kegiatan Inti (20 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru membimbing siswa untuk :
*     Mengamati photo keluarga dan dapat menyebutkan nama orang tua
*     Dengan bimbingan guru, siswa bertanya jawab tentang identitas diri dan keluarga
Elaborasi
*     Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan LKS
*     Memperkenalkan diri dengan baik dan santun
*     Memperkenalkan keluarga beserta jenis kelaminnya sambil membilang angka dengan memanfaatkan album photo keluarga
*     Melalui pemberian tugas, siswa dapat menghitung 1-20
*     Wakil kelompok menyampaikan hasil diskusi di depan kelas
Konfirmasi
*     Siswa dengan bimbingan guru memberikan semangat (bertepuk tangan) dan memberikan komentar terhadap penampilan temannya di depan kelas
*     Guru memberikan penguatan (pujian, acungan jempol) kepada siswa yang berani tampil di depan kelas
3.     Kegiatan Penutup (5 menit)
*     Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
*     Memberikan nasehat kepada siswa tentang cara memanfaatkan kemampuan memperkenalkan diri dalam kehidupan sehari-hari

H.    Alat dan Sumber Bahan
1.     Alat Peraga
*     Photo keluarga
*     Kartu bilangan
2.     Sumber Belajar
*     Aku suka Matematika, Drajat.
*     Saya Ingin Mahir Berbahasa Indonesia Kelas I.
*     PKn kelas I, Stiati Widiastuti, Fajar Rahayuningsih.

I.       Penilaian
1.     Prosedur
*     Tes Awal                             : saat Tanya jawab apersepsi
*     Tes Dalam Proses     : saat pembelajaran berlangsung
*     Tes Akhir                            : saat proses pembelajaran akhir
2.     Jenis Tes
*     Tes tertulis              : objektif
*     Tes lisan                              : unjuk kerja
3.     Instrumen
*     Soal test                              :

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban tepat!
1.     Nama saya …
2.     Umur saya …
3.     Nama ayah saya …
4.     Saya anak laki-laki. Saya senang bermain …
5.     Jumlah keluarga saya ada …

Kunci jawaban:
1.     Nama siswa masing-masing
2.     Umur siswa masing-masing
3.     Nama ayah masing-masing siswa
4.     Bola, kelereng, layang-layang, dll
5.     Jumlah keluarga masing-masing siswa

Criteria penilaian:
Skor setiap soal 2, skor maksimal 10
Nilai akhir = skor yang diperoleh x 2


Randudongkal, ......2011
Guru Kelas
           


 ==========================================================

BAHAN AJAR

Mata Pelajaran   : Tematik (Bahasa Indonesia, PKn, Matematika)
Kelas/Semester : I/I
Tema                : Keluarga


Standar Kompetensi
1.     Bahasa Indonesia
:
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan pekenalan dan bertegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh
2.     PKn
:
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
3.     Matematika
:
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

Kompetensi Dasar
1.     Bahasa Indonesia
:
Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
2.     PKn
:
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
3.     Matematika
:
Membilang banyak benda

MATERI
1.     Bahasa Indonesia
Memperkenalkan diri dan keluarga
*     Menyebutkan nama diri sendiri   : nama saya … (Zifana)
*     Menyebutkan umur sendiri         : umur saya … (7 tahun)
*     Menyebutkan nama ayah sendiri  : nama ayah saya … (nugroho)
*     Menyebutkan nama ibu sendiri    : nama ibu saya … (Sinta)
2.     PKn
Jenis kelamin dibedakan menjadi dua, yaitu laki-laki dan perempuan. Ciri-ciri anak laki-laki : berambut pendek, memakai celana, suka bermain mobil-mobilan. Sedangkan ciri-ciri anak perempuan : berambut panjang, memakai rok/gaun, suka bermain boneka.
3.     Matematika
*     Membilang angka 1-20
*     Menghitung jumlah anggota keluarga


========================================================== 

MEDIA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran   : Tematik (Bahasa Indonesia, PKn, Matematika)
Kelas/Semester : I/I
Tema                : Keluarga


PHOTO KELUARGA



KARTU BILANGAN

1

2

3

4

5

6

7













8

9

10

11

12

13

14













15

16

17

18

19

20





================================================================================

LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran   : Tematik (Bahasa Indonesia, PKn, Matematika)
Kelas/Semester : I/I
Tema                : Keluarga


1.     Tulislah jumlah siswa laki-laki dalam kelompokmu!

2.     Tulislah jumlah siswa perempuan dalam kelompokmu!

 ========================================================== 

KISI-KISI SOAL (TEMATIK)

Nama Sekolah    : ................
Tema                : Keluarga
Kelas/Semester : I/I
Alokasi Waktu   : 1 x 30 menit

Standar Kompetensi
1.     Bahasa Indonesia
:
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan pekenalan dan bertegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh
2.     PKn
:
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
3.     Matematika
:
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
Kompetensi Dasar
Indicator Soal
Jenis Soal
Ranah Kognitif
Nomor Soal
*     Bahasa Indonesia
Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana

·       Data diri, peserta didik dapat menyebutkan namanya sendiri
·       Data diri, peserta didik dapat menyebutkan umurnya sendiri

Isian

Isian

C1

C1

1

2
*     PKn
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa

·       Keluarga, peserta didik dapat menyebutkan nama ayahnya
·       Identitas diri, peserta didik dapat menyebutkan jenis kelamin

Isian

Isian

C1

C1

3

4
*     Matematika
Membilang angka 1-20

·       Keluarga, siswa dapat menghitung jumlah keluarga

Isian

C1

5


================================================================================ 

SOAL TES FORMATIF

Mata Pelajaran   : Tematik (Bahasa Indonesia, PKn, Matematika)
Kelas/Semester : I/I
Tema                : Keluarga

Isilah titik-titik di bawah ini !
1.     Nama saya …
2.     Umur saya …
3.     Nama ayah saya …
4.     Dedi anak laki-laki. Ia senang bermain …
5.     Jumlah keluarga saya ada …

  
 ================================================================================

LEMBAR PENGAMATAN

NO
NAMA SISWA
1
2
JML
KET.
1
2
3
4
1
2
3
4











Aspek yang dinilai :
1.     Respon siswa terhadap penjelasan guru
2.     Aktifitas kerja siswa




Nilai :
4 = sangat baik
3 = baik
2 = sedang
1 = kurang




Semoga bermanfaat, teman-teman ....... :)

2 komentar: