Banyak teman-teman yang bingung bagaimana bentuk RPP Tematik, kurang lebih seperti ini:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
Nama Sekolah : ...............
Tema : Keluarga
Kelas/Semester : I/I
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
A. Standar Kompetensi
1. Bahasa Indonesia
|
:
|
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi secara lisan dengan pekenalan dan bertegur sapa,
pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh
|
2. PKn
|
:
|
Menerapkan hidup rukun dalam
perbedaan
|
3. Matematika
|
:
|
Melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan sampai 20
|
B. Kompetensi Dasar
1. Bahasa Indonesia
Memperkenalkan diri dengan
kalimat sederhana dan bahasa yang santun
2. PKn
Menjelaskan perbedaan jenis
kelamin, agama, dan suku bangsa
3. Matematika
Membilang banyak benda
C. Indicator
1. Bahasa Indonesia
|
:
|
· Menyebutkan data diri dengan
kalimat sederhana
· Menyebutkan nama orang tua
|
2. PKn
|
:
|
Mengidentifikasi
jenis kelamin
|
3. Matematika
|
:
|
Membilang
angka 1-20
|
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui demonstrasi, siswa
dapat menyebutkan data diri dengan lengkap menggunakan kalimat sederhana
2. Menyebutkan jenis kelamin
semua anggota keluarga
3.
Melalui
latihan membilang angka, siswa dapat membilang angka 1-20
E. Materi Ajar
Bahasa Indonesia


PKn

Matematika

F. Metode dan Model Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran : ceramah bervariasi, Tanya jawab, tugas
2.
Model
Pembelajaran : Example dan Non
Example
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal (5 menit)
Apersepsi




2. Kegiatan Inti (20 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru
membimbing siswa untuk :


Elaborasi





Konfirmasi


3. Kegiatan Penutup (5 menit)


H. Alat dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga


2. Sumber Belajar



I. Penilaian
1. Prosedur



2. Jenis Tes


3. Instrumen

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban tepat!
1. Nama saya …
2. Umur saya …
3. Nama ayah saya …
4. Saya anak laki-laki. Saya
senang bermain …
5. Jumlah keluarga saya ada …
Kunci jawaban:
1. Nama siswa masing-masing
2. Umur siswa masing-masing
3. Nama ayah masing-masing siswa
4. Bola, kelereng, layang-layang,
dll
5. Jumlah keluarga masing-masing
siswa
Criteria penilaian:
Skor setiap soal 2, skor
maksimal 10
Nilai akhir = skor yang
diperoleh x 2
Randudongkal, ......2011
Guru Kelas
BAHAN
AJAR
Mata Pelajaran : Tematik (Bahasa Indonesia, PKn, Matematika)
Kelas/Semester : I/I
Tema : Keluarga
Standar
Kompetensi
1. Bahasa Indonesia
|
:
|
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan pekenalan dan bertegur
sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh
|
2. PKn
|
:
|
Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan
|
3. Matematika
|
:
|
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
|
Kompetensi
Dasar
1. Bahasa Indonesia
|
:
|
Memperkenalkan
diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
|
2. PKn
|
:
|
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
|
3. Matematika
|
:
|
Membilang
banyak benda
|
MATERI
1. Bahasa Indonesia
Memperkenalkan diri dan
keluarga




2. PKn
Jenis kelamin dibedakan
menjadi dua, yaitu laki-laki dan perempuan. Ciri-ciri anak laki-laki : berambut
pendek, memakai celana, suka bermain mobil-mobilan. Sedangkan ciri-ciri anak
perempuan : berambut panjang, memakai rok/gaun, suka bermain boneka.
3. Matematika


MEDIA
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Tematik (Bahasa Indonesia, PKn, Matematika)
Kelas/Semester : I/I
Tema : Keluarga
PHOTO
KELUARGA
KARTU BILANGAN
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||||||
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
||||||
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
LEMBAR KERJA
SISWA
Mata Pelajaran : Tematik (Bahasa Indonesia, PKn, Matematika)
Kelas/Semester : I/I
Tema : Keluarga
1. Tulislah jumlah siswa
laki-laki dalam kelompokmu!
2. Tulislah jumlah siswa
perempuan dalam kelompokmu!
KISI-KISI
SOAL (TEMATIK)
Nama Sekolah : ................
Tema : Keluarga
Kelas/Semester : I/I
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
Standar
Kompetensi
1. Bahasa Indonesia
|
:
|
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan pekenalan dan bertegur
sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh
|
|||
2. PKn
|
:
|
Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan
|
|||
3. Matematika
|
:
|
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
|
|||
Kompetensi
Dasar
|
Indicator
Soal
|
Jenis Soal
|
Ranah
Kognitif
|
Nomor Soal
|
|
![]()
Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana
|
· Data diri, peserta didik dapat menyebutkan namanya sendiri
· Data diri, peserta didik dapat menyebutkan umurnya sendiri
|
Isian
Isian
|
C1
C1
|
1
2
|
|
![]()
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa
|
· Keluarga, peserta didik dapat menyebutkan nama ayahnya
· Identitas diri, peserta didik dapat menyebutkan jenis kelamin
|
Isian
Isian
|
C1
C1
|
3
4
|
|
![]()
Membilang
angka 1-20
|
· Keluarga, siswa dapat menghitung jumlah keluarga
|
Isian
|
C1
|
5
|
SOAL TES FORMATIF
Mata Pelajaran : Tematik (Bahasa Indonesia, PKn, Matematika)
Kelas/Semester : I/I
Tema : Keluarga
Isilah
titik-titik di bawah ini !
1.
Nama saya …
2.
Umur saya …
3.
Nama ayah saya
…
4.
Dedi anak
laki-laki. Ia senang bermain …
5.
Jumlah
keluarga saya ada …
LEMBAR
PENGAMATAN
NO
|
NAMA
SISWA
|
1
|
2
|
JML
|
KET.
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
Aspek yang
dinilai :
1.
Respon siswa terhadap
penjelasan guru
2.
Aktifitas kerja siswa
Nilai :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = sedang
1 = kurang
|
Semoga bermanfaat, teman-teman ....... :)
terima kasih atas artikelnya
BalasHapussangat membantu sekali
terimakasih kembali.
Hapus